Download Free Logo Hari Sumpah Pemuda ke 93 Tahun 2021 (vector)

Logo Hari Sumpah Pemuda ke 93 Tahun 2021

Tentang Sumpah Pemuda 

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.
Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (kini bernama Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".
Istilah "Sumpah Pemuda" sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda.[1] Naskah orisinil diabadikan menggunakan ejaan Van Ophuijsen. 
  •  Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. 
  •  Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  •  Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia 
Bunyi tiga keputusan kongres dalam Ejaan Bahasa Indonesia (ejaan terbaru yang digunakan pada masa kini): 
  • Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. 
  • Kedoea: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. 
  • Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Launching Logo HSP 2021, Menpora Ajak Pemuda Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa




Menyambut hari Sumpah Pemuda ke-93, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) secara resmi meluncurkan bulan pemuda yang ditandai dengan pengenalan logo Hari Sumpah Pemuda (HSP). Bertempat di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Pusat Jakarta Barat, Rabu (28/9), kegiatan launching Bulan Pemuda dihadiri langsung oleh Menpora RI Zainudin Amali dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Kemenpora sebagai leading sektor pengembangan kepemudaan, setiap bulan Oktober tiap tahunnya selalu menyelenggarakan kegiatan untuk menyambut hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober.
 Pada perayaan sumpah pemuda tahun ini, diharapkan menjadi peringatan tekad kesatuan dan kebersamaan para pemuda dalam komitmen keindonesiaan. Dalam sambutannya Menpora Zainuddin Amali meminta kepada seluruh pemuda di Indonesia untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.   Hal ini dirasa perlu untuk membangkitkan potensi dalam situasi pandemi, serta tetap turut menjaga pertumbuhan ekonomi nasional dengan mengembangkan jiwa entrepreneurship.

Download Logo Hari Sumpah Pemuda ke 93 Tahun 2021 (vector)

Setelah sedikit cerita tentang Hari Sumpah Pemuda di atas, yang saya sadur dari Wikipedia dan beberapa portal berita, di bawah ini saya berikan link download logo Hari Sumpah Pemuda ke 93 Tahun 2021. Ada dua versi yang saya simpan. Versi CorelDraw x7 dan SVG untuk pengguna CorelDraw dibawah X7. 

Semoga bermanfaat.






Download

mohon diberitahukan di kolom komentar apabila link expired atau tidak bisa dibuka

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama